Keep Husnuzhzhon (positive thinking) 🌼


Bismillah... Semangat duha kawan2 solihaat.. Hari ini saya Mau mulai mencoba Bangun dari tidur panjang, sebelum nanti ngantuk lagi cieee.... Mumpung masih semangat dan sempat maksudnya . maklum ibu rumah tangga dengan segala aktifitasnya Terkadang menghadapi masa borring 😁.
Kali Ini pingin coret coret Sambil menasehati diri sendiri yang kadang semangatnya naik turun. Kita bakal ngebahas tentang Husnuzhzhon yaa ... Apa sih husnu azhzhon itu??
Yuk kita simak sejenak
Secara bahasa kata “Husnuzhzhon “ berasal dari bahasa arab yang terdiri dari 2 kata, yang pertama kata “husnu” dan yang keduanya “azh zhon ”. “husnu” mengandung arti “baik”, dan “azh zhon ” artinya “dugaan atau prasangka. Jadi
Husnuzhzhon  adalah sikap atau keadaan jiwa yang berprasangka baik atau positif  thinking.
Kenapa sih saya tertarik membahas Ini..? Karena sungguh Husnuzhzhon itu... Manfaat buat diri sendiri juga untuk orang lain. Bener bener baik sangka itu akan menjadikan seseorang menjadi pribadi sukses yang dicintai..
Baik sangka itu tidak mendatangkan kecuali kebaikan.sedangkan Buruk sangka selain membuat seseorang stress, tidak tenang juga merugikan diri sendiri dan orang lain.

Husnuzhzhon atau baik sangka yang akan saya bahas Kali Ini terbagi dalam 2bagian. Yang pertama Husnuzhzhon kepada Allah dan kedua Husnuzhzhon kepada sesama.
1.husnuzhzhon kepada Allah
Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى : أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ في نَفْسِي وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلأٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً  (رواه البخاري، رقم  7405 ومسلم ، رقم 2675 )

“Allah Ta’ala berfirman, 'Aku tergantung persangkaan hamba kepadaKu. Aku bersamanya kalau dia mengingat-Ku. Kalau dia mengingatku pada dirinya, maka Aku mengingatnya pada diriKu. Kalau dia mengingatKu di keramaian, maka Aku akan mengingatnya di keramaian yang lebih baik dari mereka. Kalau dia mendekat sejengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya sehasta. Kalau dia mendekat kepada diri-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Kalau dia mendatangi-Ku dengan berjalan, maka Aku akan mendatanginya dengan berlari." (HR bukhari, no. 7405 dan Muslim, no. 2675)

Tuh.... Udah jelas bangetttt dalam hadits qudsi.. Bahwa Allah tergantung persangkaan hamba Nya, terus kenapa kita mesti Buruk sangka? Kenapa kita tidak fokus saja mengarahkan fikiran dan hati kita pada hal yg positive. Supaya Allah pertemukan kita dengan hal baik, orang orang baik serta lingkungan yang baik.
Terkadang musuh kita itu ya diri kita sendiri. Padahal jika kita mau merenung segala sesuatu yang menimpa kita pasti ada hikmah yang terkandung didalamnya.
Misalnya nih kita punya keinginan yang ternyata nggak kesampaian, percayalah pasti ada hikmah di balik takdir Allah tersebut. Jika kita memilih positive thinking menerima taqdir Allah, percaya dengan ketetapannya lalu terus memantaskan diri maka kebaikan demi kebaikan pasti menghampiri. Akan berbeda ketika kita memilih suuzhzhon atau berprasangka Buruk pada takdir Allah niscaya hati kita tidak akan tenang, penuh kegelisahan, mengutuk dan tak ridho terhadap takdir. Efeknya kita sendiri yang akan terpuruk, nggak berkembang, hilang semangat dan segala akibat negative lainnya.
So yuukk mulai dari diri sendiri, mulai dari hari ini tanamkan positive thinking pd segala ketentuan Allah.. Alias Husnuzhzhon pada Taqdir Allah.

2.Husnuzhzhon kepada sesama.
Dalam kehidupan Ini ada banyak ragam rasa dan cerita menghampiri kita, kadang sedih, kadang senang. Suka duka silih berganti menghampiri hati. Cieee.... Hehe
Tp sungguh begitulah hidup. Sudah menjadi fitrah manusia utk menjalani yang demikian. Diantara obat atau penawar bagi hati agar selalu positive adalah dengan Husnuzhzhon atau baik sangka terhadap sesama. Bahasa kerennya positive thinking.. 😊🌼.
Seseorang yang Mudah Buruk sangka pada orang lain cenderung hidupnya gelisah. Hatinya Mudah gundah, gampang tersinggung, curiga, bahkan hasad pada orang lain. Kenapa demikian? Karena hasad itu adalah buah dari penyakit hati yang bernama zhon atau prasangka yang Buruk. Berawal dari curiga pada kawannya lalu mulai menggibah, tajassus, fitnah dan merembet pada penyakit hati lainnya. Akibatnya seluruh penyakit hati itu berkumpul pada dirinya dan menjadikan dirinya di penuhi sifat negative, dan segala keburukan lainnya.
Pantaslah ketika Allah SWT memperingatkan kita dengan penuh cinta pada ayat Nya.


بسم الله الرحمن الرحيم

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

“ Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain.Adakah seorang diantara kamu yang sukamemakan daging saudaranya yang sudah mati?Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. danbertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya AllahMaha Penerima taubat lagi Maha Penyayang “ (Q.S Al-Hujurat [49] : 12).
Betapa indah Allah menegur kita. Betapa semua sudah tertuang rapi dalam kalam Nya.
Jika kita mengikuti Al qur'an dan hadits insyaallah hidup kita akan tenang dan bahagia. Al qur'an memerintahkan untuk berbaik sangka, maka teruslah berbaik sangka agar hidup kita hari demi hari menjadi lebih baik. Keep Husnuzhzhon 💕
Mulai kapan??? Mulai dari sekarang... Sejak tulisan Ini Anda baca. 💕🙏

"If you fill your head with positive  thoughts , There won't  be any room for negative ones ."

(orrin woodward) 
*menulis adalah caraku menasehati diri sendiri. 🌼

#writober
#RBMIpjakarta
#Ibuprofessionaljakarta





Komentar

  1. Newbie nih.. Mohon masukannya ya... Terimakasih 💕😊🙏

    BalasHapus
  2. Berpikir positif diperlukan manusia sebagai coping mechanism saat mengalami kegagalan, atau mengalami hal yang buruk, agar tetap optimis. SEMANGAT!!!

    BalasHapus
  3. Menulis caraku menumpahkan 20.000 kata. XD

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas bunsay zona1 day 8, komunikasi produktif.

Keutamaan istighfar

Langit Jingga, senja di roseva