🌾MENGINGAT MATI DAN MEMPERSIAPKANNYA 🌿



Sudah siapkah bekalmu??

Kematian adalah hal yg pasti terjadi. Setiap yang bernyawa pasti merasakannya bagaimanapun manusia mencoba lari, namun kematian pasti mendatanginya.
Jika Tiba masanya, tanpa pandang bulu mati menghampiri dg pasti. Sudah siapkah bekal kita?
Rasulullah Saw bersabda :
"orang cerdas itu ialah yang selalu berusaha menundukkan jiwanya dan beramal untuk kehidupan setelah mati. Adapun orang yang dungu adalah yang selalu memperturutkan hawa nafsu dan banyak berangan angan terhadap Allah. (HR Ahmad dan hakim)

Untuk meraih kebahagiaan hakiki di akhirat kelak, niscaya kita harus bnyak beramal soleh, membersihkan hati dari segala yang Buruk, menyucikan jiwa agar tetap dalam iman dan islam.
Allah SWT berfirman :
Sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwanya, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya (QS asy syams :9-10)

Mengingat mati mampu melembutkan jiwa, namun harus di sertai dg
Mempersiapkannya, memperbaiki kualitas diri lebih baik dari hari ke hari.
Ada beberapa kiat penting yang baik utk kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari  agar kita menjadi mukmin yg dicintai Allah :
Pertama, beribadahlah dengan baik hingga mencapai derajat ihsan. Seolah olah Anda melihat Allah atau jika tidak mampu maka yakini bahwa Allah pasti melihat kita. Dalam Al qur'an Allah berfirman :Allah menyukai orang orang yang berbuat kebaikan (ihsan). (QS Ali Imrân :134)
Kedua, dekatkan diri kepada Allah sedekat dekatnya. Setelah Anda melakukan amalan yang wajib maka iringilah dengan amalan sunnah. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda :
Tidaklah seorang hamba mendekat kepadaku dg melakukan amalan sunnah, kecuali Aku akan mencintainya. (HR bukhori)
Ketiga, Bertakwa kepada Allah dimanapun kita berada, karena Allah amat suka dg orang yang bertakwa. Sebagaimana firman Allah :
"sungguh Allah sangat mencintai orang yang bertakwa (QS at taubah :7)
Keempat, memperbanyak dzikir kepada Allah. Baik di waktu lapang maupun sempit. Selalu basahi lisan dg dzikrullah karena dzikir menjadikan jiwa lebih tenang.
Allah berfirman :ingatlah, Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram (QS ar ra'du :28)
Kelima, bacalah selalu Al qur'an, rutinkan luangkan Waktu setiap harinya dengan membaca Al qur'an. Syukur jika bisa menghafalnya, sediakan Waktu untuk mentadabburi ayat ayatnya fahami apa yg terkandung dalam ayat tersebut, karena orang yang bnyak interaksi dengan Al qur'an maka Al qur'an akan menjadi pembawa keberkahan dalam kehidupan nya, penerang dalam qubur dan di hari kiamat akan memuliakan pembacanya.
Rasulullah shallallahu 'alaihi Wassalam bersabda : orang yang pandai membaca Al qur'an kelak akan di kumpul kan bersama malaikat pilihan yang mulia lagi berbakti. Adapun yang membaca Al qur'an dengan terbata2 dan kesusahan maka baginya dua pahala. (HR bukhori muslim,)

Demikian diantara amal soleh yg insyaallah jika kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari Allah akan mencintai kita, dan amal soleh lah yang akan menjadi bekal kita di kampung akhirat serta penerang dalam alam kubur.
Semoga Allah senantiasa membimbing langkah kita menjadi pribadi yang selalu waspada, Mempersiapkan diri dg amal yang baik, mengingat bahwa kematian itu pasti. Malaikat maut senantiasa mengikuti kita setiap, melihat apakah ajal sudah dekat. saat Waktu kita semakin dekat.. Semoga Allah berikan taufik utk beribadah dg ihsan. Dan kita kembali kepada Allah dg akhir yang baik (husnul khatimah) amiin yaa mujiibassaailiin 😇🌼🌾🌿🌾🌿🌾🌿💕🌾🌿🌾💕🌼🌾🌿🌾💕🌼💕🌾🌿🌿🌾🌼🌾🌿🌾🌼

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas bunsay zona1 day 8, komunikasi produktif.

Keutamaan istighfar

Langit Jingga, senja di roseva