TAKUT (positive atau negative??)



Takut merupakan rasa yang wajar dialami oleh setiap manusia. Rasa takut biasanya datang Ketika merasa terancam, takut dengan binatang buas dan segala sesuatu yg membahayakan bagi diri.
Ketika rasa takut itu datang maka yang pertama harus kita lakukan adalah berlindung kepada Allah.

Nah... Rasa takut itu tak melulu negative lho....
Ada takut yang positive bahkan wajib dimiliki oleh setiap muslim. Yakni takut kepada Allah. Maksudnya bagaimana? Jadi takut kepada Allah artinya kita takut melanggar apa yg di syariat kan di dalam Islam. Takut melanggar larangan larangan Allah, atau bermaksiat padaNya  karena takut akan murka Allah.
Seorang muslim yang beriman dengan iman yang baik tentu akan selalu berharap keridhoan Allah SWT. Bahkan setiap yang dia lakukan akan selalu berpatokan pada Al qur'an dan hadits,sebelum bertindak dia akan melihat dulu ada atau tidak sih tuntunannya dalam agama.

Didalam islam, semua diatur sedemikian Rupa. Aktifitas kita sehari hari mulai dari Bangun tidur sampai tidur lagi semua ada tuntunannya. Ada adab, tata cara serta do'a yang di contohkan oleh Rasulullah Saw. Misalnya ketika hendak tidur kita berdoa dengan doa yang sangat familiar sekali yakni :

بسمك اللهم احي واموت...
Yang artinya : dengan nama Allah  aku hidup dan aku mati.

Hikmahnya apa?..
Hikmahnya adalah karena ketika kita tidur Allah SWT menggenggam ruh kita. Kita tidak pernah tau apakah setelah kita tidur kita masih bisa bangun atau hidup kembali, ataukah kita akan tertidur selamanya alias mati meninggalkan dunia yang fana Ini.
Semua itu Allah kabarkan dalam Al qur'an.
Allah SWT berfirman:

اللَّهُ يَتَوَفَّى الأنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الأخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى

Artinya:

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan.”

(Az-Zumar ayat 42).

Karenanya sebelum tidur kita di perintahkan berwudhu, dan berdoa.diantara doa sebelum tidur lainnya adalah :

بِسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya, “Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Nah.. Demikian indahnya ajaran islam. Baru kita bahas tentang point adab sebelum tidur saja sudah banyak hikmah yang dapat kita ambil. Belum beralih pada doa Bangun tidur, adab mandi, makan dan sebagainya.dari sini kita bisa melihat Betapa sempurnanya ajaran islam.
Maka.. Berbuatlah sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan as-sunnah insyaallah hidup kita akan tenang dan selamat. Tak ada yang perlu kita takuti dalam kehidupan Ini, kecuali takut akan murkanya Allah SWT. Sehingga kita terpelihara dari segala perbuatan yang tercela.

#writober
#RBMIpJakarta
#ibuprofesionaljakarta
#H5-Takut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas bunsay zona1 day 8, komunikasi produktif.

Keutamaan istighfar

Langit Jingga, senja di roseva